“Telstar 18” Bola Piala Dunia 2018 yang Dirasakan Aneh Oleh Kiper

Freekick – Bola resmi keluaran bola keluaran apparel olahraga Jerman, Adidas untuk 2018 di Rusia yang dinamakan “Telstar 18″  dikeluhkan beberapa kiper. Mereka menilainya aneh.

Kasus serupa ini diketahui pernah terjadi pada 2010 silam. Pada perhelatan di Afrika Selatan, banyak yang mengeluhkan bola resmi ‘Jabulani’ yang sangat tidak bersahabat dengan kiper.

Kiper kelas wahid seperti David De Gea dan Marc Andre Ter Stegen yang sudah menjajal ‘Telstar 18’ mengatakan, ‘si kulit bundar’ tersebut terasa sangat aneh. Mereka merasakan keanehan bola itu saat melakoni laga uji coba, seperti ketika Jerman menjamu Spanyol di Esprit Arena, 23 Maret 2018.

Gawang De Gea kebobolan melalui tendangan jarak jauh Thomas Mueller. Kiper Manchester United itu agak menyalahkan bola yang digunakan.”Rasanya sangat aneh. Saya pikir, harusnya bisa dibuat lebih baik,” kata De Gea yang tak nyaman dengan bola itu.

Meski begitu, sebenarnya De Gea sendiri mampu menaklukkan bola itu. Ia berhasil menepis tendangan jarak jauh Julian Draxler dan memaksa skor berakhir imbang 1-1

Pepe Reina, kiper cadangan Spanyol turut berkomentar. Dia, bahkan berani bertaruh akan tercipta banyak gol di Rusia nanti, karena bola yang dipakai tidak bersahabat dengan penjaga gawang.

“Saya berani bilang, akan ada 35 gol tendangan jarak jauh di Rusia. Mereka memakai plastik film untuk lapisan, sehingga kiper sulit menahan. Saya pikir, ini akan menjadi masalah besar bagi penjaga gawang,” jelas Reina.

Kiper Jerman, Ter Stegen juga merasakan hal sama. “Bola itu lebih bergerak. Saya pikir, yang bisa dilakukan sekarang adalah mempelajarinya sebelum Piala Dunia. Kami tidak punya opsi lain,” ungkapnya.  ***

Baca Juga   Prancis Jadi Tim Termahal di Piala Dunia 2018

Leave a Reply