Plane of Pharaohs Untuk Piala Dunia 2018, Wajah Salah Dipajang

Freekick – Impian Mesir selama 28 tahun untuk tampil di Piala Dunia telah terwujud setelah lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Kini, satu impian lagi juga jadi kenyataan dengan adanya pesawat khusus bagi Timnas Mesir.

Diberi nama Plane of Pharaohs atau Pesawat Firaun, bagian depannya didesain dengan corak bendera nasional Mesir. Wajah Mohamed Salah, penyerang Liverpool yang sedang berkibar dan beberapa pemain Mesir lainnya menghiasi bagian tengah badan pesawat jenis Boeing 73-800 itu.

Pesawat itu telah diperkenalkan kepada publik pada 19 Maret 2019 lalu. Dikutip dari efa.eg, laman resmi Federasi Sepakbola Mesir  (EFA),  Plane of Pharaohs telah diperkenalkan ke publik dalam acara yang berlangsung meriah.di Bandara Internasional Kairo. Menteri Pemuda dan Olahraga Mesir Khaled Abdel Aziz, pelatih Hector Cuper, Menteri Penerbangan Sherif Fathy, dan petinggi federasi hadir dalam acara tersebut.

Bekerjasama dengan Federasi sepak bola Mesir (EFA) dan sebuah agen periklanan, maskapai penerbangan Egypt Air menyiapkan pesawat khusus yang akan digunakan selama Piala Dunia 2018.

Pesawat yang dijuluki Plane of Pharaohs atau Pesawat Firaun tersebut didesain dengan corak bendera nasional Mesir di bagian depan. Foto wajah Mohamed Salah dan beberapa pemain Mesir lain juga menghiasi bagian tengah badan pesawat jenis Boeing 737-800 itu. Logo para sponsor juga terpasang di pesawat khusus yang akan digunakan tim nasional Mesir di Piala Dunia tersebut.

Ketua EFA, Hany Abu Raida mengatakan, kehadiran pesawat khusus tersebut untuk tim nasional merupakan impian yang menjadi kenyataan.

“Saya berharap para pemain timnas Mesir melihat foto mereka di pesawat, seperti kebanyakan pemain lain di Piala Dunia 2018,” ujar Abu Raida dilansir Egypt Independent.

Baca Juga   Rusia Pupus Keraguan, Gebuk Arab Saudi 5-0 di Partai Pembuka Piala Dunia 2018

Setelah diperkenalkan, pesawat itu lalu digunakan pertama kalinya dalam lawatan timnas Mesir ke Swiss, mengikuti pertandingan uji coba bersama Portugal dan Yunani tanggal 23 dan 27 Maret 2018. Setelah dua pertandingan uji coba, Pesawat Firaun akan kembali ke Mesir pada 28 Maret.

Di Piala Dunia 2018, Mesir tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Rusia, Arab Saudi, dan Uruguay. ***

Leave a Reply