VAR dan 4 Pemain Pengganti Diterapkan di Piala Dunia 2018

Freekick – Keputusan bersejarah akan dimulai oleh FIFA dengan penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Piala Dunia 2018 yang berlangsung dari 14 Juni sampai 15 Juli mendatang. Selain itu, FIFA juga memutuskan pemain pengganti diperbanyak menjadi empat orang.

“Kami akan menggelar Piala Dunia pertama dengan wasit yang dibantu oleh video,” ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino kepada wartawan setelah bertemu dengan Dewan FIFA, Jumat (16/3), dikutip dari Reuters.

Menurut Infantino, seperti dilansir BBC, FIFA ingin memberi wasit peratan yang dapat membuat mereka bisa membuat keputusan yang lebih baik.

“Tidak mungkin di 2018, semua orang yang menyaksikan laga di ruang tamu tahu hanya setelah beberapa detik apakah wasit melakukan kesalahan, sementara wasitnya sendiri tidak,” tambahnya.

VAR merupakan teknologi yang cukup membantu wasit membuat keputusan seperti pengesahan gol, pemberian hadiah penalti, hingga kartu merah.

Teknologi itu mulai dicoba sejak Desember 2016. Terakhir kali di level turnamen internasional, VAR digunakan di Piala Konfederasi 2017.

Di level klub, VAR sudah dicoba di kompetisi Australia, Brasil, Belanda, Italia dan Jerman. Spanyol mulai menggunakannya musim depan, tapi Inggris belum punya rencana menerapkannya.

“Ini keputusan penting, sangat penting dan keputusan historis,” tegas Infantino. .

Sedangkan tentang pergantian pemain menjadi empat orang, FIFA menyebutkan hal itu diijinkan dalam  pertandingan yang diharuskan melalui babak perpanjangan waktu. Aturan ini pun sudah disetujui oleh IFAB. Aturan saat ini masih membatasi pemain pengganti hingga tiga orang. ***

 

Baca Juga   Rusia Pupus Keraguan, Gebuk Arab Saudi 5-0 di Partai Pembuka Piala Dunia 2018

Leave a Reply