PSSI Akan Gelar Liga 1 Wanita Tahun 2019

Freekick – PSSI meminta seluruh klub Liga 1 membentuk tim puteri, karena ada wacana menggulirkan Liga 1 Wanita tahun 2019. Diharapkan tahun depan masing-masing tim Liga 1 sudah mempunyai tim puteri.

Hal itu disampaikan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria saat membuka turnamen Jakarta Equal Festival 2018 di Lapangan National Youth Training Center Depok, Jawa Barat, Minggu (11/3/2018). Turnamen ini digelar oleh PSSI melalui Asosiasi Sepakbola Wanita Indonesia (ASBWI) sebagai perayaan Hari Sepakbola Wanita Sedunia yang jatuh pada tanggal  8 Maret.

PSSI melalui Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) menggelar turnamen Jakarta Equal Festival 2018 di Lapangan National Youth Training Center (NYTC), Depok, Jawa Barat, Minggu (11/3). Kegiatan ini sekaligus perayaan Hari Sepak Bola Wanita Sedunia yang jatuh pada 8 Maret.

Sebanyak delapan tim mengikuti event ini yang dibagi dalam grup. Delapan tim tersebut yakni Benteng Muda, Binus, Gelora Muda, Goal Aksis, MFA Ladies, Persijap, Pro Direct Academy, dan Vasanta. Pertandingan juga menggunakan aturan tujuh versus tujuh dan digelar dua kali 20 menit

“Kemeriahan ini cikal bakal PSSI bahwa nantinya Liga 1 Wanita itu akan kami rencanakan dengan baik. Jadi klub-klub Liga 1 itu harus memiliki tim wanita. Persija Women, Arema Women dan lain sebagainya, karena itulah yang akan membuat gegap gempitanya sepakbola wanita,” kata Ratu Tisha.

Turnamen ini, lanjutnya, merupakan tonggak pertama yang diharapkan pada tahun-tahun mendatang bisa diselenggarakan di setiap provinsi untuk mencari talenta pasepakbola wanita. PSSI juga melaporkan kegiatan ke AFC.

Tim Vasanta keluar sebagai juara setelah mengalahkan Gelora Muda Putri di laga final dengan skor 2-0. Sedangkan peringkat tiga ditempati oleh Goal Aksis. ***

Baca Juga   Zulkarnain Lubis, "Maradona Indonesia " Itu Telah Pergi

Daftar Peraih Penghargaan:

Best Kiper: Riska (Vasanta)
Best Defender: Nurjanah (Gelora Muda Putri)
Best Playmaker: Zahra (Goal Aksis)
Best Capten: Desy Amalia (Vasanta)
Best Penyerang: Mayang (Vasanta)
Best Assist: Yulita (Gelora Muda Putri)
Top Skor: Mayang (Vasanta) 4 Gol
Most Feminim: Serafina (Pro Direct)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.