Si Kembar Gemilang, Indonesia Hantam Iran 2-0

Freekick – Si kembar Amiruddin Bagus Kahfi dan Amiruddin Bagas Kaffa bermain gemilang. Masing-masing mencetak satu gol untuk membawa Timnas Indonesia U-16 menang atas Iran dalam laga perdana grup C turnamen Piala AFC U-16 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Jumat, 21 September 2018.

Dua gol itu merupakan yang pertama kalinya dicetak oleh si kembar bersama-sama dalam satu pertandingan timnas. Bagi Bagas gol itu terasa istimewa karena posisinya sebagai bek kanan, dan merupakan gol pertamanya untk timnas.

Sedang bagi Bagus, posisinya sebagai penyerang memang mengharuskannya mencetak gol. Ini dibuktikannya dalam Piala AFF U-16 Juli 2018 lalu dengan menjadi top skor lewat 12 golnya.

Laga baru berjalan empat menit, Bagus sudah membawa Indonesia unggul 1-0. Umpan silang dari Supriadi dimanfaatkannya dengan baik. Tembakan mendatarnya menjebol gawang Iran. Gol ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia tak mengubah permainan menyerangnya. Bagus memiliki beberapa kali peluang tapi belum membuahkan gol. Begitu juga peluang dari David Maulana dari luar kotak penalti di menit ke-60. Sayangnya tembakan keras David masih mampu dihalau kiper Iran.

Gol kedua tercipta lewat gerakan indah dari Bagas yang ikut menyerang menjelang akhir pertandingan. Ia mengecoh tiga pemain Iran, lalu melepaskan tembakan mendatar ke sudut kiri gawang Iran.

Kedudukan 2-0 ini bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Pelatih Iran, Abbas Chamanian pun harus menuai tuah dari pernyataannya yang meremehkan Indonesia sebagai tim pelengkap saja.

Kemenangan itu membuat Indonesia untuk sementara memimpin klasemen Grup C Piala AFC U-16 2018 dengan torehan tiga poin. ***

Susunan pemain:

Iran U-16 (4-4-2):
Amirhossein Nikpour (kiper); Amirhossein Azizi, Mochammad Amin Hazbavi, Pouria Teymori, Abolfazl Alizadeh (belakang); Amir Shabani, Alireza Bavieh, Mohammad Reza Shakibkhoo, Amir Jafari (tengah); Mahdi Seyedi, Yasin Salmani (depan)

Baca Juga   Simic Hattrick Lagi, Persija Kandaskan Tampines

Pelatih: Abbas Chamanian

Timnas Indonesia U-16 (4-3-3):
Ernando (kiper); Bagas Kaffa, Komang Teguh Trisnanda, Fadilah Nur Rahman, Yudha Febrian (belakang); Brylian Negiehta Aldama, Andre Oktaviansyah, David Maulana (tengah); Amanar Abdillah, Supriadi, Bagus Kahfi (depan)

Pelatih: Fakhri Husaini

Leave a Reply