Timnas Indonesia U-23 Tekuk Laos 3-0

Freekick – Timnas Indonesia U-23 tampil gemilang, menundukkan Laos dengan skor 3-0 dalam laga Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat, 17 Agustus 2018. Indonesia bermain ofensif hingga peluit panjang dibunyikan.

Beto Goncalves terpenuhi keinginannya untuk mencetak gol di pertandingan yang tepat dengan Hari Kemerdekaan RI. Ia memborong dua gol, yang dilengkapi dengan gol ketiga oleh Ricky Fajrin. Stefano Lilipaly sendiri yang tidak mencetak gol, dengan sekitar delapan peluang di depan mulut gawang, memberikan satu assist untuk gol kedua Beto.

Assist Fano, sapaan akrab Lilipaly, terbilang indah yang menunjukkan skill tinggi. Menerima umpan lambung dari I Putu Gede, Fano mengirim bola dengan melakukan backheel kaki kanan. Beto lalu melepas tembakan dengan kaki kirinya untuk menjebol gawang Laos.

Tak hanya Beto dan Fano yang bermain apik, seluruh pemain mengerahkan kebolehannya pada laga menghadapi Laos. Banyaknya peluang yang didapat semestinya membuat Indonesia bisa unggul lebih dari lima gol.

Sejak peluit dibunyikan, Indonesia sudah mendominasi pertandingan. Laga baru berjalan dua menit, sundulan Lilipaly dari umpan silang Febri Hariyadi masih tepat ke pelukan kiper Laos, Saymanolinh Paseuth.

Gol pertama tercipta di menit ke-14. Beto dengan tenang menyontek umpan tarik Saddil Ramdani dari sisi kanan untuk menggetarkan gawang Paseuth. Setelah itu peluang demi peluang didapat Indonesia, tapi tetap tak berbuah gol hingga babak pertama berakhir.

Baru berjalan tiga menit di babak kedua, Beto menggandakan keunggulan lewat tendangan kaki kirinya.

Banyaknya peluang di babak kedua tapi tidak berbuah gol tak lepas dari kegemilangan Paseuth di bawah mistar. Meski tubuhnya tidak tinggi, tapi ia mampu terbang menepis bola. Setidaknya ia melakukan tiga penyelamatan spektakuler.
Pada menit ke-53 ia memblok sundulan Beto, menepis tendangan Evan Dimas menit ke-55 dan menepis tendangan keras Rezaldi Hehanusa pada menit ke-56.

Baca Juga   Addison Alves Jadi Pahlawan Persija, Gol Spektakuler Taklukkan SLNA

Namun di menit ke-75 Paseuth tak mampu menghalau umpan sundulan Hansamu Yama Pranata. Bola itu melewati jangkauannya, yang dengan mudah disontek Ricky Fajrin untuk menggetarkan jala gawang Laos.

Meski meraih poin penuh namun Indonesia masih menempati posisi tiga klasemen sementara Grup A dengan enam poin. Tim asuhan Luis Milla tertinggal satu poin dari Hong Kong, yang pada laga sore tadi menahan imbang Palestina 1-1.

Palestina untuk sementara berada di puncak klasemen Grup A dengan koleksi delapan poin hasil dua kali menang dan dua kali imbang.

Hong Kong menjadi lawan terakhir pada pertandingan Senin, 20 Agustus 2018 mendatang. ***

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-23:
Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa; Zulfiandi, Evan Dimas Darmono (Hanif Sjahbandi, 81′); Saddil Ramdani (Irfan Jaya, 63′), Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi; Beto Goncalves (Ilham Udin Armaiyn, 73′).

Timnas Laos U-23:
Saymanolinh Paseuth; Xayasith Singsavang, Aphixay Thanakhanty, Xouxana Shihalath; Phoutthasay Khochalern, Bounpachan Bounkong, Tiny Bounmalay, Phithack Kongmathilath; Phouthone Innalay, Lathasay Lounlasy, Soukchinda Natphasouk.

Leave a Reply