Indonesia Menang Besar 4-0 Atas Taiwan

Freekick – Sukses Timnas U-16 diikuti oleh Timnas U-23 setelah berhasil mengawali laga di ajang Asian Games 2018 dengan menang besar atas Taiwan 4-0. Kemenangan pada fase Grup A itu terjadi di pertandigan yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu, 12 Agustus 2018.

Dalam formasi 4-2-3-1 pelatih Luis Milla langsung menurunkan tiga pemain senior yakni Andritany Ardhyasa, Stefano Lilipaly, dan Alberto Goncalves sejak menit awal. Lilipaly mencetak dua gol dan satu assist dan Beto satu gol, ditambah gol di menit akhir oleh Hagiantoro.

Di babak pertama, meski mendominasi penguasaan bola sebanyak 76 persen namun Indonesia kesulitan menembus pertahanan Taiwan yang rapat. Tiga tembakan on target dari Indonesia, dan dua dari Taiwan hanya menghasilkan skor imbang di babak pertama.

Memasuki babak kedua, agresivitas serangan Indonesia tidak menurun, namun lebih bervariasi. Apalagi setelah masuknya Saddil Ramdani menggantikan Irfan Jaya. Pemains sayap ini lebih berani menusuk ke kotak penalti Taiwan.

Gol yang dinantikan pendukung Indonesia yang berjubel memenuhi stadion akhirnya tercipta

Memasuki babak kedua Timnas Indonesia tak menurunkan agresivitas serangan. Masuknya Saddil Ramdani menggantikan Irfan Jaya menjadi warna tersendiri. Pemain sayap Persela Lamongan itu lebih berani menusuk ke kotak penalti lawan.

Indonesia akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-67. Stefano Lilipaly sukses menyundul umpan dari tendangan bebas Febri Hariyadi dari sisi kiri gawang lawan. Gol ini langsung memicu semangat para pemain Indonesia.

Serangan gencar terus dilakukan lewat kedua sayap. Di menit ke-71 Lilipaly yang mendapat umpan dari sisi kanan dengan cerdik ke kotak penalti, yang disambut dengan tembakan keras oleh Beto Goncalves. Skor 2-0 untuk Indonesia.

Baca Juga   Imbang Lawan Korut, Timnas U-23 Belum Mampu Cetak Kemenangan

Lilipaly benar-benar jadi ancaman bagi Taiwan. Ia bahkan menambah gol dengan aksi salto di menit ke-76.
Umpan silang Rezaldi Hehanusa dari sisi kiri disambar Lilipaly untuk memperlebar skor menjadi 3-0.

Tekanan Indonesia makin bertambah dengan masuknya Ilham Udin Armaiyn menggantikan Beto Goncalves menambah. Ilham mampu membuat keteteran bek kanan Taiwan. Umpannya di menit ke-87 nyaris menambah keunggulan saat berubah menjadi bola liar di depan gawang. Sayangnya Febri yang menyambar justeru melambungkan bola.

Namun memasuki injury time, Muhammad Hargianto yang baru masuk memberi tambahan gol lewat tembakan keras dari luar kotak penalti. Skor 4-0 menutup kemenangan Indonesia atas Taiwan.

Kemenangan itu membuat Indonesia menduduki posisi kedua, kalah satu poin dari Palestina yang sudah memainkan dua laga. Palestina juga akan jadi lawan berikutnya bagi Indonesia pada Rabu, 15 Agustus 2018, sedangkan di hari yang sama Taiwan akan menghadapi Hong Kong.

Kekalahan Taiwan itu menurut pelatihnya, Wushung Pen akibat kelelahan. “Kami lawan Palestina sebelumnya dan mereka tim yang kuat. Kami kelelahan. Fisik dan strategi Palestina sangat kuat. Saya tidak tahu kenapa jadwal hanya satu hari istirahat?” ucap Chen dalam konperensi pers. ***

Leave a Reply