Cetak Sejarah, Timnas U-16 Jadi Juara Piala AFF 2018

Freekick – Para pemain muda itu berhasil memenuhi dahaga masyarakat akan gelar juara setelah berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2018, Sabtu, 11 Agustus 2018 malam. Dalam final di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, mereka menang dramatis atas Thailand lewat adu penalti 4-3 (1-1).

Keberhasilan itu juga menorehkan sejarah tersendiri, untuk pertama kalinya Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 sejak ajang itu digelar tahun 2002.

Prestasi terbaik Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-16 selama ini adalah runner up yang diraih pada tahun 2013. Saat itu Timnas Indonesia kalah adu penalti dari Malaysia.

Kemenangan ini juga menjadi ukiran prestasi tersendiri bagi pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaeni. Ini raihan gelar ketiganya selama menukangi timnas U-16. Ia sebelumnya mengantarkan timnas U-16 menjuarai ajang Tien Phong Plastic Cup Tournament 2017 di Vietnam dan turnamen Jenesys U-16 2018 di Jepang.

Babak pertama dibuka oleh Indonesia dengan menekan Thailand. beberapa peluang tercipta, seperti di menit ke-14 Tendangan Amiruddin Bagus Kaffa masih membentur tiang kiri gawang Thailand. Thailand sendiri baru berhasil keluar dari tekanan selepas menit ke-17.

Kedua tim yang bermain dengan pola sama, 4-3-3 menyajikan permainan yang menarik, memperagakan serangan terbuka.

Melihat peluang yang belum juga membuahkan gol, Fakhri Husaini, dengan menarik keluar Amanar Abdillah pada menit ke-17. Dia digantikan Fajar Fathur Rachman.

Pemain Indonesia makin gencar menekan. Lini tengah dan belakang bermain cukup agresif untuk menghentikan terobosan para pemain Thailand. Peluang didapatkan Supriadi di menit ke-29, namun golnya dianulir karena sudah dalam posisi offside.

Gol yang dinanti akhirnya tiba di menit ke-33. Umpan ciamik dari tengah yang dikirimkan Andre berhasil diselesaikan Fajar dengan sebuah sontekan. Kiper Anuchid Tawesri yang mencoba menutup pergerakan Fajar gagal menjangkau bola dan harus menyaksikan bola bergulir di gawang yang kosong.

Baca Juga   Indonesia Tersingkir Dari AFC Womens Futsal Championship 2018

Selepas gol itu, Thailand makin menekan. Hampir terjadi gol balasa di menit ke-35. Kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi gagal menepis umpan silang dengan baik. Terjadi kemelut di depan gawang. Dua bek Indonesia, Komang Teguh dan Amirufin Bagas saling berbenturan kepala dan mendapat perawatan sejenak di pinggir lapangan. Bagas bahkan melanjutkan laga dengan kepala diperban.

Indonesia berhasil mempertahankan keunggulannya hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia menurunkan tekanan dan ini dimanfaatkan oleh Thailand untuk mengejar ketertinggalan gol. Dua gelandang kreatif, Thiraphong Yangdi dan Punnawat Chote-Jirachaithon diturunkan, yang membuat permainan Thailand lebih berkembang. Permainan agresif Thailand membuat Indonesia semakin kesulitan untuk mengembangkan serangan.

Gedoran Thailand membuahkan hasil untuk menyamakan kedudukan melalui pemain pengganti, Apidet Janngam di menit ke-72. Janngam memaksimalkan kemelut dari umpan silang untuk menjebol gawang Indonesia.

Skor 1-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit, dan adu penalti pun tak terelakkan.

Algojo pertama Thanarin Thumsen berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Diikuti oleh Sutan Diego Zico yang menjadi eksekutor pertama Indonesia.

Ernando Ari Sutaryadi menjadi penyelamat gawang Indonesia dengan keberhasilan menghalau tendangan Apidet Janngam. Ia menepis tendangan Apidet sambil melompat ke kiri. Kemudian Indonesia berbalik unggul 2-1 setelah tendangan Amiruddin Bagus Kahfi yang keras mengoyak gawang Thailand.

Skor imbang 2-2 setelah Anucha Sodsri yang menjadi eksekutor ketiga Thailand mampu mengoyak gawang Ernando. Tapi hal itu tak lama setelah Rendy Julainsyah dengan dinginnya mampu menaklukkan Anuchid Tawesri.

Kittipong Khetpara melesakkan bola sekaligus mengecoh Ernando pada tendangan keempat. David Maulana yang menjadi penembak keempat juga berhasil mengecoh kiper Thailand. Skor menjadi 4-3.

Akhirnya Ernando Ari memastikan gelar juara bagi Indonesia setelah mematahkan penalti algojo terakhir Thailand Pongsakorn Innet.

Baca Juga   Final 2016/2017 Terulang Dalam Perempat Final Liga Champions 2018

Para pemain muda yang menyajikan permainan menawan, dengan semangat juang luar biasa akhirnya mempersembahkan kado indah bagi Indonesia dengan mengangkat tropi Piala AFF 2018.

Persembahan yang dilengkapi dengan raihan Top Skor oleh Bagus Kahfi dengan torehan 12 golnya. ***

Leave a Reply