Angkat Koper Lebih Awal pun, Tim Piala Dunia 2018 Mengantongi Rp 112 Miliar

Freekick – Piala Dunia 2018 di Rusia tak hanya jadi pentas para pemain tim nasional peserta, tapi juga ajang untuk meraup uang yang tidak sedikit jumlahnya. Tim yang kalah di babak penyisihan saja masing-masing mendapatkan uang senilai US$8 juta atau Rp 112 miliar.

FIFA menyediakan anggaran yang sangat besar dalam Piala Dunia 2018 ini, total mencapai US$ 791 juta. Dari jumlah itu, US$ 400 juta akan didistribusikan kepada seluruh tim perdasarkan performa dan nilai kemenangannya di lapangan.

Sementara sisanya akan dibagikan untuk persiapan tim, keuntungan bagi klub yang membiarkan pemainnya bermain di Piala Dunia untuk membela negaranya dan kompensasi bagi klub yang kehilangan pemain karena terluka saat bertanding di Piala Dunia.

Babak penyisihan yang telah berakhir menghasilkan 16 tim yang gagal melaju termasuk juara bertahan Jerman Barat yang harus menelan malu kalah 2-0 dari Korea Selatan, dan menduduki posisi buncit di Gruf F. Hasil babak penyisihan juga menghasilkan tak satupun wakil Afrika yang melaju ke babak 16 besar.

Dilansir dari moneycontrol.com, 8 negara yang tersisih dari babak 16 besar masing-masing akan meraup uang senilai US$12 juta atau Rp 168,9 miliar. Beberapa negara yang tersisih, saat tulisan ini diturunkan, adalah Portugal, Spanyol, Denmark.

Masuk ke babak perempat final, terdapat 4 tim yang akan tersisih. Mereka yang tersisih, masing-masing akan mendapat total hadiah sebesar USD 16 juta atau Rp 225,1 miliar. Jumlah hadiah uang dari FIFA tersebut tentu bukan jumlah yang sedikit untuk dibawa pulang ke negara asal.

Nah, bagi tim yang masuk keempat besar, jika menduduki peringkat ke-4 di Piala Dunia 2018 akan mendapatkan total hadiah sebesar USD 22 juta atau Rp 309,6 miliar. Sementara negara yang berhasil mencapai posisi ketiga meraup uang sejumlah USD 24 juta atau Rp 337,5 miliar.

Baca Juga   Ronaldo ke Juventus, Agennya Menikmati Untung Rp 202 Miliar

Selain mendapatkan tropi emas 18 karat yang sangat terkenal serta kebanggaan menjadi juara dunia, negara yang menang juga berhak atas hadiah uang sejumlah USD 38 juta atau Rp 534,4 miliar.

Sedangkan tim yang kalah dan berada di posisi kedua (runner up) memenangkan hadiah uang sebesar USD 29 juta atau Rp 407,8 miliar.

Selain hadiah yang ada tersebut, 32 tim sebelumnya juga menerima biaya persiapan masing-masing sebesar USD 1,5 juta.

Leave a Reply