Rusia Pupus Keraguan, Gebuk Arab Saudi 5-0 di Partai Pembuka Piala Dunia 2018

Freekick – Rusia menjawab segala keraguan dengan tampil luar biasa, mempermalukan Arab Saudi di laga perdana Grup A yang sekaligus membuka gelaran Piala Dunia 2018. Tuan rumah menang telak dengan skor 5-0 dalam laga yang digelar di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis, 14 Juni 2018 malam WIB.

Penampilan Rusia memang sempat diragukan karena belum memenangkan laga internasional sejak Oktober tahun lalu. Kala itu, tim berjulukan Sbornaya itu mengalahkan Korea Selatan. Namun setelah itu dalam tiga pertandingan uji coba jelang Piala Dunia 2018 mengalami dua kali kekalahan lawan Prancis dan Austria, serta sekali imbang kontra Turki.

Rusia tampil apik dan bermain percaya diri dengan melancarkan tekanan sejak awal pertandingan. Para pemain Arab Saudi dipaksa turun ke belakang untuk mengamankan wilayahnya.

Setelah beberapa tekanan berhasil diblok barisan belakang Arab Saudi, Rusia memanen gol pertamanya di menit ke-12. Umpan silang Aleksandr Golovin berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Iury Gazinsky. Arab Saudi gagal menyapu tendangan sudut tersebut dengan bersih, bola dikirimkan lagi ke kotak penalti dan disambar oleh Gazinskiy dengan sundulannya.

Gol itu mencatatkan nama Gazinsky sebagai pencetak gol pertama Piala Dunia 2018.

Sejak gol tersebut, Arab Saudi yang berusaha menekan masih mengalami kesulitan untuk membongkar pertahanan Rusia. Tak ada shot on goal, dan kiper Rusia tak kerja keras malam itu.

Di tengah situasi itu, Rusia mesti kehilangan pemain andalannya, Alan Dzagoev yang mengalami cedera. Ia digantikan oleh Denis Cheryshev, yang tampil sebagai bintang lapangan dalam pertandingan itu.

Cheryshev yang mantan pemain Real Madrid tak hanya mencetak gol kedua bagi Rusia di menit ke-42. Gerakannya yang lincah, dengan skill menawan membuat barisan belakang Arab Saudi keteteran.

Baca Juga   Essam El Hadary Jadi Kiper dan Pemain Tertua di Piala Dunia 2018

Gol pertamanya itu membuktikan bagaimana Cheryshev begitu menawan. Mendapat sodoran umpan dari sisi kanan, ia mengecoh dua bek Arab sebelum melepaskan tembakan keras ke sisi kiri gawang Arab yang dijaga Abdullah Al-Maiouf.

Kedudukan 2-0 untuk Beruang Merah itu bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tekanan Rusia tak juga mengendor. Sementara itu Arab Saudi juga tak menunjukkan perubahan positif.

Sebuah umpan di menit ke-53 umpan silang dari Alburayk melepaskan dari sisi kanan ke jantung pertahanan Rusia gagal disambut oleh Taissier Al-Jassam yang berdiri di mulut gawang.

Rusia sendiri yang permainan kolektifnya terus merepotkan barisan pertahanan Arab Saudi nyaris menambah gol di menit ke-67. Tembakan mendatar dari Roman Zobnin melepaskan tendangan mendatar ke gawang Arab Saudi gagal ditangkap dengan baik oleh Al-Maiouf. Namun bola liar kemudian dibuang oleh Osama Hawsawi.

Gol ketiga Rusia akhirnya tercipta di menit ke-72. Artem Dzyuba yang baru dua menit masuk ke lapangan menggantikan Fedor Smolov membawa timnya memimpin 3-0. Ia meneruskan crossing Aleksandr Golovin dengan sundulan yang menghujam ke sudut kiri gawang Arab Saudi.

Keunggulan tiga gol makin membuat Rusia makin percaya diri. Mereka tetap menekan hingga mendekati menit terakhir, dan pertambahan waktu dua menit dimanfaatkan dengan baiknya oleh para pemain.

Cheryshev mencetak gol keduanya lewat umpan Dzyuba. Ia menggiring bola ke kotak penalti, lalu melepas tembakan dengan kaki kirinya yang mengecoh kiper. Sedangkan Golovin mencetak gol lewat tendangan bebas di depan kotak penalti Arab.

Setelah pertandingan ini, Rusia akan menghadapi Mesir pada pertandingan kedua Grup A Piala Dunia 2018 yakni pada 20 Juni mendatang. Adapun Arab Saudi akan menjajal kekuatan Uruguay pada hari yang sama. ***

Baca Juga   "Telstar 18" Bola Piala Dunia 2018 yang Dirasakan Aneh Oleh Kiper

Susunan Pemain

Rusia: Akinfeev, Fernandes, Kutepov, Igansevich, Zhirkov, Gazinskiy, Zobnin, Samedov (Kuzyaev 64′), Golovin, Dzagoev (Cheryshev 23′), Smolov (Dzyuba 70′)

Arab Saudi: Al-Maiouf, Alburayk, Os.Hawsawi, Om.Hawsawi, Al-Shahrani, Otayf (Al-Muwallad 64′), Al-Dawsari, Al-Faraj, Al-Jassam, Al-Shehri (Sultan Babhir 72′), Al-Sahlawi (Asiri 84′)

Leave a Reply