Banjir Denda Bagi Persija Dari Komdis AFC

Freekick – Tersingkir dari Piala AFC 2018 bagi Persija Jakarta rupanya belum cukup menyakitkan. Kini klub itu banjir hukuman denda banjir hukuman denda dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) berdasarkan sidang Komite Disiplin AFC yang digelar 31 Mei hingga 1 Juni 2018.

Terdapat lima jenis pelanggaran Persija yang mengakibatkan denda mencapai Rp 300 juta. Dua di antara hukuman itu diberikan kepada Daryono (kiper) dan Ivan Carlos (striker).

Pelanggaran yang dilakukan Persija itu saat menjamu Johor Darul Ta’zim (JDT) pada 10 April 2018, serta empat lainnya dilakukan ketika Persija menjamu Home United di leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 pada 15 Mei 2018.

Untuk pelanggaran ketika menjamu JDT di SUGBK, hukuman diberikan karena pendukung Persija melemparkan lebih dari 50 rol kertas ke dalam lapangan saat pertandingan digelar. Untuk pelanggaran tersebut, Persija terkena denda sebesar USD 5.000 atau sekitar Rp69 juta.

Sementara untuk laga kontra Home United Komdis AFC mengklasifikasikan dua pelanggaran dilakukan klub dan dua pelanggaran lain dilakukan individu pemain, yaitu Daryono dan Ivan Carlos.

Daryono yang kiper cadangan dinyatakan telah melakukan pelanggaran serius yang berakhir dengan kartu merah oleh wasit asal Arab, Turki Al Khudair setelah protes keras kepada ofisial ke empat. Daryono mendapatkan hukuman larangan bertanding selama enam bulan, 4 Juni-3 Desember 2018, termasuk hukuman satu pertandingan otomatis dari kartu merah yang diterimanya. Daryono tak luput dari denda sebesar USD 5.000.

Denda dengan nilai sama diberikan kepada Ivan Carlos. Striker itu melakukan protes keras kepada wasit dan ofisial keempat, ketika pertandingan berakhir di lorong menuju ruang ganti. Selain itu Ivan Carlos juga dihukum larangan bermain selama enam pertandingan. Hukuman ini terasa janggal, karena striker asing tidak masuk dalam daftar pemain Persija yang diturunkan saat itu.

Baca Juga   Iwan Setiawan, Seperti Mengulang Cerita Lama Soal Dipecat Sebagai Pelatih

Sementara untuk dua pelanggaran lain di pertandingan tersebut, karena adanya pemain yang menyerang ofisial keempat dalam pertandingan kontra Home United itu dan atas sikap Marko Simic yang memperlihatkan pesan pribadi dalam shinguards yang digunakannya saat berselebrasi.

Atas dua pelanggaran itu Persija didenda masing-masing sebesar USD 5.000 atau sekitar Rp69 juta dan USD 2.000 atau sekitar Rp27 juta. ***

Leave a Reply