Essam El Hadary Jadi Kiper dan Pemain Tertua di Piala Dunia 2018

Freekick – Essam El Hadary menjadi pemain tertua di Piala Dunia jika ia dimainkan oleh pelatih Timnas Mesir, Hector Cuper. Saat ini kiper yang juga kapten Mesir itu berusia 45 tahun.

Kebugaran fisik dan kemampuannya menjadi palang pintu terakhir Mesir tak perlu diragukan lagi. Hadary juga merupakan salah satu legenda baik diantara pemain Mesir maupun pecinta sepakbola. Sang penjaga gawang sudah punya segudang prestasi dan karir gemilang. Ia juga berkali-kali menyabet gelar individu dan banyak trofi.

Saat berbicara dengan FIFA.com, Oktober 2017 lalu saat berlangsung Piala Afrika 2017, Hadary mengatakan: “Saya hampir menyerahkan seluruh yang saya punya untuk karir sepakbola saya. Saya sudah memenangkan 37 trofi dan merasakan pengalaman luar biasa seperti ketika kami mengalahkan Italia di ajang Piala Konfederasi 2009. Satu-satunya yang saya inginkan sekarang adalah tampil di Piala Dunia.”

Hadary mulai bermain sepakbola secara presional pada 1993 saat masih berusia 20 tahun. Saat itu, dia masih main di salah satu klub lokal, Damietta.

Setelah itu, dia gabung klub besar di Mesir Al Ahly, dan memenangi 8 gelar Liga Mesir dan empat trofi Liga Champions Afrika. Dia kini main di Al Taawoun dan sudah tampil sebanyak 27 kali.

Penampilan Hadary nanti akan mengalahkan rekor kiper utama Kolombia, Faryd Mondragon yang tampil di Piala Dunia 2014 dalam usia 43 tahun.

“Saya orang yang berkemauan keras dan persisten terhadap apa yang saya lakukan; inilah karakter saya. Ketika saya masih di Al Ahly, Ahmed Nagui (pelatih kiper Mesir yang sekarang) mengatakan saya akan berhenti bermain sepakbola ketika mencapai umur 50,” cerita Hadary.

Kini Hadary setapak lagi meraih mimpinya, tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia. ***

Baca Juga   Jadwal Babak Fase Grup Piala Dunia 2018

Leave a Reply