Malam Minggu Kelabu Bagi Madura United, Digasak 0-6 Oleh Persipura

Freekick – Malam kelam bagi Madura United setelah dihajar habis oleh Persipura Jayapura dengan setengah lusin gol tanpa balas.

Hasil pertandingan Liga 1 2018 di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu, 19 Mei 2018 malam itu merupakan skor terbesar di pekan kesembilan ini.

Meski Madura United tidak diperkuat beberapa pemain intinya, tapi kekalahan setengah lusin gol itu di luar dugaan. Bertandang ke Papua, Madura tidak membawa Fabiano Beltrame, Beny Wahyudi, Raphael Maitimo dan Greg Nwokolo.

Malam minggu kelabu bagi Madura United itu juga mengembalikan tahta klasemen sementara Persipura yang sempat direbut oleh Madura United, yang posisinya kini merosot ke peringkat ketiga. Persipura mengumpulkan poin 17, sedangkan Madura United 16 dan kalah selisih gol dengan Barito Putera yang di posisi kedua.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Persipura langsung menggebrak. Cuma butuh waktu delapan menit di babak pertama gawang Madura United sudah jebol oleh sepakan Boaz Solossa. Umpan dari Gunansar Mandowen dikonversi jadi gol cantik oleh Boaz ke pojok atas tiang jauh.

Madura United yang tersentak oleh gol langsung berusaha menekan. Di menit ke-10 Beto berhasil mengoyak gawang Persipura tapi dianulir wasit karena dianggap off-side.

Peluang lainnya didapatkan melalui Zah Rahan di menit ke-20. Menerima umpan terobosan, Zah Rahan membawa bola, mendorongnya dari luar penalti untuk mengecoh kiper Persipura, Dede Sulaiman yang sudah meninggalkan sarangnya. Tapi bola masih menyamping, dan Persipuran terhindar dari kebobolan.

Meski mendapat tekanan balasan, tapi di menit ke-30 Persipura kembali menambah gol melalui kaki Ian Louis Kabes dari luar penalti setelah memanfaatkan bola liar hasil tembakan Marcel.

Dua gol itu tidak membuat Mutiara Hitam mengendurkan serangannya. Kembali Boaz menunjukkan masih ganasnya ia sebagai striker di menit ke-37 setelah menerima operan dari Marcel. Kiper Madura, Herpras tak mampu menahan tendangan Boaz dari garis kotak penalti itu.

Baca Juga   Gol Keren Urikhob Bikin Djanur Lega

Menjelang turun minum, Zah Rahan kembali memperoleh peluang lewat tembakan mendatar. Tapi Dede Sulaiman mampu mengamankan gawangnya.

Memasuki babak kedua, jual beli serangan tetap terjadi. Madura berusaha mengejar ketinggalan tiga gol, tapi barisan pertahanan Persipura tampil solid sehingga serangan yang datang menjadi kandas.

Pemain yang dibuang Madura United, Marcel Sacramento, tak mau kalah untuk menyumbangkan gol malam itu. Melalui kemelut di muka gawang Madura di menit ke-58 setelah tendangan sudut, Sacramento menendang bola dari jarak dekat. Skor berubah menjadi 4-0.

Pemain Madura benar-benar terdesak, mereka tak mampu mengembangkan permainan. Bola lebih banyak bergulir di area sendiri.

Sedangkan Persipura yang sudah unggul empat gol, bukannya mengendorkan serangan, justeru makin ganas. Keluarnya Sacramento dan Boaz menunjukkan keganasan Mutiara Hitam.

Pemain pengganti Boaz, Todd Rivaldo Ferre di menit ke-73 menunjukkan bahwa ia layak dipanggil Timnas U-19. Tendangannya dari luar kotak penalti meluncur ke sisi kiri atas gawang Madura Untited.

Derita Madura United tak terhenti di situ, Persipura tetap menggila. Imanuel Wanggai yang baru masuk memperbesar kemenangan Persipura di menit ke-86 menjadi setengah lusin gol.

Skor enam gol bagi Persipura tanpa balas itu bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. ***

Persipura benar-benar tak memberi kesempatan lawannya mengembangkan permainan. Persipura kembali menambah kemenangan lewat gol T. Ferre.

Susunan Pemain

Persipura:
S. Dede, Rumakiek, M. Thir, Salampessy (Wanggai), Anis Tjoe, Tinus Pae, Louis Kabes, Boaz, Mandowen, Thon Moreira, Marcel (Ronaldo).

Madura United:
Herpras, Alfath (Imam), Rama, Berlian, Fachrudin, Munhar, Beto De Paula, Nuriddin, Slamet, Bayu Gatra, Zah Rahan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.