Mimpi Persija Kandas di Kandang Sendiri

Freekick – Perjalanan Persija Jakarta akhirnya terhenti di kandang sendiri, setelah kalah agregat 3-6 dari Home United di leg kedua semifinal Piala AFC 2018 zona ASEAN, Selasa, 15 Mei 2018.

Hanya butuh kemenangan 1-0 setelah di leg pertama kalah 2-3, Persija justeru harus menerima pil pahit tersingkir di depan pendukungnya yang luar biasa.

Diperkirakan akan bermain lebih baik, dan mampu menghasilkan gol cepat, Persija justeru bermain buruk sejak awal babak pertama. Tiga gol berhasil disarangkan oleh Home United lewat Shahril Ishak (2 gol) dan Song Ui-Yong, sementara Persija hanya mampu membalas satu gol lewat Marko Simic.

Shahril Ishak jadi momok bagi Persija, ia mencetak gol lebih dahulu di menit ke-6. Umpan silang dari sisi kiri gagal ditangkap oleh Rizky Darmawan, dan bola liar itu langsung disambar dengan sundulan Shahril.

Pendukung Persija yang memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bersorak ketika tiga menit kemudian Marko Simic menjebol gawang Home United dari titik putih. Novri Setiawan yang merangsek ke kotak penalti dilanggar oleh pemain belakang Home United, dan wasit pun menunjuk titik putih. Tendangan keras Simic mampu dibaca kiper Rudy Khairullah tapi tetap tak tersentuh dan bola melesak ke sisi kanan gawangnya.

Penalti pun kembali terjadi, kali ini dihadiahkan untuk tim tamu di menit ke-12. Wasit asal Turki, Mohammed Alkhudhayr melihat Rezaldi Hehanusa melanggar Shahril. Tendangan penalti Shahril sempat diblok oleh Rizky, tapi bola liar berhasil disambar dengan cepat oleh Sharil. Home United unggul 2-1.

Unggul dua gol agregat membuat Home United mengendurkan serangan dan merapatkan pertahanan. Namun peluang demi peluang yang didapat Persija tak mampu menghasilkan gol balasan. Sundulan Jaimerson Da Silva dari umpan sepak pojok masih mampu diamankan Rudy di menit ke-17.

Baca Juga   Indonesia Tersingkir Dari AFC Womens Futsal Championship 2018

Petaka menimpa Macan Kemayoran di menit ke-37 ketika Jaimerson diganjar kartu kuning kedua, dan harus meninggalkan lapangan. Persija harus bermain dengan 10 pemain.

Unggul dalam jumlah pemain, Home United mengurangi pertahanan, dan hasilnya gol ketiga tercipta di menit ke-44. Camara yang melepas umpan matang disundul oleh Song Ui-Yong. Bola yang memantul lebih dulu tak mampu ditangkap oleh Rizky.

Pemain Persija sempat melayangkan protes, karena sebelum umpan Camara itu terjadi pelanggaran di luar kotak penalti terhadap Ismed Sofyan. Namun wasit tak menggubris.

Pelanggaran yang tak cuma sekali didiamkan oleh wasit itu memicu emosi pemain di bangku cadangan. Kiper Daryono mendapat kartu merah karena melakukan protes keras kepada wasit di penghujung babak pertama. Daryono menuju ruang ganti dengan wajah geram, ia membuka kaos dan membuangnya begitu saja sambil berjalan.

Memasuki babak kedua, dengan sepuluh pemain Persija tampil lebih agresif. Peluang lewat aksi ciamik Riko Simanjuntak dari sisi kiri nyaris berbuah gol bunuh diri. Sedangkan sundulan Ramdani Lestaluhu masih melayang di atas mistar.

Hingga menit ke-70 Persija tetap tak mampu menembus pertahanan Home United. Simic tak mendapat umpan matang sehingga tak banyak berbuat untuk memperkecil keadaan.

Home United pun makin merapatkan pertahanan dan mencoba mengulur waktu. Saat mendapat bola mereka memainkannya dari kaki ke kaki, tak terlihat melayangkan bola ke area pertahanan Persija.

Skor 3-1 itu tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan. Persija pun harus mengubur mimpinya tampil di final zona ASEAN dengan kalah agregat 3-6. ***

Susunan Pemain:

Persija Jakarta:
Rizky Darmawan. Rezaldi Hehanusa, Maman Abdurrahman, Jaimerson Da Silva, Ismed Sofyan, Novri Setiawan (Addison Alves 61′), Sandi Sute (Bambang Pamungkas 77′), Rohit Chand, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu (F.Ridwan 88′), Marko Simic.

Baca Juga   Addison Alves Unggul Telak, Media Malaysia Malah Nyinyir

Home United:
Rudy Khairullah, Aqhari Abdullah, Shakir Hamzah, Abdil Qaiyyim, Juma’at Jantan, Mohan Kumar, Izzdin Shafiq (Nor 88′), Fazli Ayob (Sirina Camara 34′), Shahril Ishak (Abdul Hameed 64′), Faizal Roslan, Song Ui-Young. Ui-Young

Leave a Reply