Drama Dua Gol Dalam Dua Menit Bagi Kemenangan Sriwijaya Atas Bhayangkara

Freekick – Sriwijaya FC mampu meraih tiga poin lewat dua gol dalam dua menit di akhir pertandingan minggu kedelapan Liga 1 2018, saat mengalahkan Bhayangkara FC 2-1 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu, 12 Mei 2018 sore.

Kemenangan itu mengantar Laskar Wong Kito ke posisi kelima dengan perolehan 13 poin, sedang Bhayangkara FC harus menerima kenyataan bertengger di posisi ke-13 dengan 9 poin.

Sebelum kick-off, kedua tim yang mengenakan pita hitam di lengan mengheningkan cipta, berdoa atas kepergian mantan gelandang timnas Indonesia, Zulkarnain Lubis, serta gugurnya lima polisi dalam insiden di Mako Brimob, Depok.

Raihan tiga poin SFC tidak diperoleh dengan mudah. Sejak dimulainya babak pertama, beberapa peluang yang didapat selalu mengalami kegagalan. Tembakan Manu Dzhalilov di menit ke-8 ke tiang jauh masih melebar. 

Begitu juga peluang dari dua kali mendapat tendangan bebas pada menit ke-13 dan 24 belum membuahkan hasil. Tendangan Beto di menit ke-36 Beto juga masih mampu diamankan oleh kiper Bhayangkara FC, Awan Setho.

Lini belakang kedua tim di babak pertama itu bermain disiplin, yang membuat penyerang lawan sulit memberikan ancaman berarti ke gawang. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, pertandingan masih berjalan alot. Kedua tim bermain terbuka, saling jual beli serangan.

Sayangnya pertarungan menarik itu harus dinodai oleh ulah suporter tuan rumah yang menyalan flare dan smoke bom. Asap yang makin tebal membuat pertandingan dihentikan oleh wasit Iwan Sukoco di menit ke-55 sekitar tujuh menit. SFC pun bersiap menerima sanksi dari Komdis PSSI atas ulah suporternya itu.
.
Setelah dilanjutkan, pertandingan makin menarik setelah memasuki menit ke-75 kedua pelatih memasukkan pemain baru. Simon McMenemy memasukkan dua pemain yang berkarakter pelari cepat untuk memperkuat daya serang Bhayangkara FC. Sedangkan Rahmad Darmawan memasukkan M.Nur Iskandar menggantikan Adam Alis.

Baca Juga   Sriwijaya FC Gemilang, Juara Piala Gubernur Kaltim 2018

Bhayangkara FC di menit ke-78 sempat menjebol gawang Teja Paku Alam, namun gol yang dilesakkan Dendy Sulistyawan dianulir wasit.

Laskar Wong Kito membalas lewat serangan balik. Tembakan Alfin Tuasalamony membentur mistar. Begitu juga dengan tendangan keras Manu Dzhalilov di menit ke-80 masih membentur mistar gawang. Bola muntah yang kembali ditendang ke arah gawang pun masih bisa ditepis Awan Setho.

Tekanan Sriwijaya FC akhirnya membuahkan gol di menit ke-88. Makan Konate yang menggocek bola mengirim umpan lambung keEsteban Vizcarra, disambut dengan sundulan keras. Kiper Awan Setho berhasil menyentuh bola itu untuk menghalau, namun tetap tak berhasil. Skor 1-0 berubah untuk Sriwijaya FC.

Setelah gol itu, Rahmad Darmawan memasukkan Patrich Wanggai. Hanya butuh waktu 39 detik Wanggai yang menerima bole di tengah mengirim umpan ke Beto yang dikawal pemain belakang Bhayangkara FC. Beto yang tidak mau egois mengirim bola ke Wanggai yang berdiri bebas, yang langsung menceploskan bola ke gawang dengan kaki kirinya. Skor kembali berubah, 2-0, untuk Sriwijaya FC.

Pertandingan terus berjalan meski sudah memasuki menit ke-95, yang ditambah dengan perpanjangan waktu selama 4 menit. Bhayangkara FC hanya mampu menipiskan skor menjadi 1-2 setelah wasit menunjuk titik putih setelah N’diaye melakukan handsball. Paulo Sergio, yang jadi eksekutor, berhasil menjalankan tugas dengan baik.

Tepat pada menit ke-99, detik ke-45, wasit Iwan Sukoco meniup peluit panjang tanda pertandingan usai.

Sriwijaya FC menang 2-1 sekaligus menghentikan catatan apik Bhayangkara FC dalam dua musim terakhir saat bermain di Palembang.

Susunan Pemain

Sriwijaya FC :
Teja Paku Alam (kiper); Marckho, Hamka Hamzah, N’diaye, Alfin Tuasalamony (belakang); Makan Konate, Zulfiandi, Adam Alis (tengah); Alberto Goncalvez, Esteban Vizcarra, Dzalilov (depan)

Baca Juga   Joko Susilo : Semua Pemain Terlibat Dalam Dua Gol Mitra Kukar

Pelatih: Rahmad Darmawan

Bhayangkara FC:
Awan Setho (kiper); Putu Gede, Vladimir Vujovic, Jajang Mulyana, Alsan Sanda (belakang); Yu Jun, Wahyu Subo Seto, Vendry Mofu, F. Rochman (tengah); Paulo Sergio, Komazec (depan)

Pelatih: Simon McMenemy

Leave a Reply