Gwen Meraih Mimpinya Jadi Pemain Timnas Putri Indonesia U-16

Freekick – Mimpi gadis cilik itu telah terwujud, dan seorang ibu melihatnya mencium ujung bendara merah putih dengan penuh haru dan bangga.

Adegan itu terjadi saat pelepasan Timnas Putri Indonesia U-16 oleh Plt.Ketua Umum PSSI, Joko Driyono yang akan terjun di AFF Girls Championship 2018 di Palembang. Indonesia bergabung di Grup B bersama Thailand, Kamboja dan Laos.

Gadis itu, Gisela Gwen Michelle namanya, akrab dipanggil Gwen, telah menjadi salah satu skuat Timnas U-16. Pemain dengan nomer punggung 3 itu menduduki posisi sebagai bek.

“Sejak kecil ia suka sepakbola, dan benar-benar tidak menyangka ia kini jadi pemain timnas, membela negara. Saya tidak bisa berkata apa-apa, bangga melihatnya bermain mengenakan seragam timnas,”ujar Andriana dalam bincang-bincang dengan Freekick.

Ketertarikan Gwen akan sepakbola, makin menguat ketika melihat sebuah sinetron yang menampilkan permainan sepakbola. Ia lalu berlatih jugling bersama adiknya, Glen.

Hal itu yang membuat orangtuanya lalu mencoba mencari sekolah sepakbola. Gwen akhirnya bergabung di Brazilian Soccer School (BSS) yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Bakat Gwen tercium saat berlangsung even internal BSS, seorang pelatih dari BSS cabang Bekasi tertarik melihat permainannya. Namun tawaran untuk berlatih di Tambun yang memiliki lapangan lebih luas itu ditolaknya, karena lokasinya yang jauh.

Ketika datang lagi ajakan serupa, Andriana merasa tidak enak menolak. Diantarnya Gwen ke Bekasi, dan mulai puteri sulungnya ini berlatih di lapangan yang lebih besar bersama tim cowok. Gwen juga mulai merasakan atmosfir beberapa turnamen.

Dari situlah Gwen semakin serius, menambah jadwal latihan dan bergabung di SSB Tunas Zebaotah sebelum dikenalkan ke Pro Direct Academy (PDA). Dari sini Gwen langsung diikutsertakan ke Paradise Cup di Bali dan Jakarta Equal.

Baca Juga   Golput Warga Mesir, Pilih Salah Jadi Presiden

Hingga datang tawaran mengikuti seleksi Timnas Putri U-16 melalu pelatih PDA, Zaya. Gwen lulus dan pelatih Indonesia, Rully Nere minta Gwen mengikuti TC di Cijantung.

“Saya dan ayahnya semula sangat ragu dan khawatir tentang sekolahnya. Ia baru saja mendapat bea siswa karena menduduki ranking pertama di sekolahnya,” ujar Andriana.

Tapi untungnya kepala sekolah dan seluruh guru di Saint Peter School, sekolah Gwen mendukung langkah muridnya itu. Maka Gwen lalu masuk TC, dan terpilih masuk Starting XI saat berhadapan dengan Thailand di laga perdana Timnas U-16.

“Saya dan keluarga datang menyaksikan dia bertanding. Dia baru melangkah, dan masih panjang jalan untuk menjadikannya pemain kebanggaan negara,” tambah Andriana. ***

One thought on “Gwen Meraih Mimpinya Jadi Pemain Timnas Putri Indonesia U-16

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.