Golput Warga Mesir, Pilih Salah Jadi Presiden

Freekick – Tak ada yang salah ketika rakyat Mesir menggunakan haknya untuk jadi golongan putih alias golput dalam pemilu di negeri piramida itu. Itu dilakukan sebagai protes karena tidak puas dengan dua kandidat yang ada. Lebih dari satu juta pemilih mencoret kandidat itu, dan menambahkan nama Mohamed Salah sebagai gantinya.

Dalam Pemilu, rakyat negeri tersebut harus memilih salah satu dari dua calon, yaitu antara Abdel-Fattah Al-Sisi dan Moussa Mustafa. Seperti diberitakan The Economist, sebuah media bergengsi, Al-Sisi memenangkan 92% suara, sedangkan Mustafa hanya 3%.

Pemilu itu sendiri berlangsung pada 31 Maret 2018, di saat yang bersamaan dengan pertandingan Liverpool yang berhasil menang atas Crystal Palace di Selhurst Park. Dalam laga itu Salah menjadi pahlawan klubnya dengan mencetak gol penentu kemenangan sehingga The Reds berhasil menang 2-1.

Salah sendiri mendapat suara lebih dari satu juta suara atau 3% dari aksi golput itu. Artinya, Salah bahkan mengungguli salah satu kandidat yang ada.

Salah memang terus melambung namanya, seiring dengan penampilannya yang menakjubkan di8 musim 2017/2018 ini. Pemain sayap berusia 25 tahun itu sudah mencetak 37 gol dari 41 penampilan di semua kompetisi. The Reds dibawanya ke babak delapan besar Liga Champions dan tetap bersaing di Liga Primer.

Di negaranya Salah juga dikenal sebagai sosok yang memiliki kepedulian besar. Awal Maret 2018 lalu, seperti dilansir dari situs web Mesir berbahasa Inggris, King Fut, Salah telah menyumbang 12 juta paun Mesir (sekitar 10 miliar rupiah) ke salah satu rumah sakit di Mesir. Dana itu akan digunakan untuk pembelian peralatan medis.

 

Lolosnya Mesir ke Piala Dunia 2018 tak lepas dari kontribusinya. Saat menghadapi Kongo, ia menjadi pahlawan dengan mencetak gol penalti di menit terakhir, dan Mesir aman ke Rusia dengan kemenangan 2-1. Itu pencapaian terbesar Mesir setelah 28 tahun terakhir ini tidak mampu lolos ke Piala Dunia.

Baca Juga   Gwen Meraih Mimpinya Jadi Pemain Timnas Putri Indonesia U-16

Golnya untuk kemenangan Liverpool atas Crystal Palace juga menorehkan catatan baru yakni menyamai torehan Cristiano Ronaldo dan Robin van Persie, mencetak gol dalam 21 pertandingan berbeda. Jumlah golnya yang kini mencapai 29 sulit dikejar oleh pesaingnya, Harry Kane, yang baru mencetak 24 gol dan kini tengah cedera.

Di Liverpool, pemain yang dikenal sebagai seorang Muslim taat ini juga menyejajarkan dirinya dengan para penyerang legendaris Liverpool, yaitu Robbie Fowler, Michael Owen, dan Luis Suarez.

Wajar jika rakyat Mesir sangat bangga akan Mohamed Salah dan mengidolakannya. Salah satu kebanggaan itu diwujudkan dalam aksi protes mereka dalam Pemilu, menuliskan nama Salah. ***

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.