Persib Babak Belur Dihajar Sriwijaya FC 1-3

Freekick – Persib Bandung babak belur dihajar Sriwijaya FC 3-1 dalam tandangnya ke Stadion Jakabaring, Palembang, Minggu, 1 April 2018. Memimpin 1-0 di babak pertama, Persib harus menelan pil pahit kecolongan dua gol dalam dua menit saja, ditambah satu gol lagi di menit ke-67.

Sejak peluit kickoff dibunyikan, laskar Wong Kito langsung menyerang. Namun justeru Persib yang memetik gol pertama ketika strikernya, Ezechiel Ndouasse merobek gawang Teja Paku Alam di menit ke-28. Umpan matang dari Jonathan Bauman dimanfaatkan dengan tembakan kaki kanan Ezziel.

Sriwijaya makin meningkatkan serangan, namun selalu kandas di barisan pertahanan Persib. Skor 1-0 untuk keunggulan Persib bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Laskar Wong Kito bermain lebih baik dari sebelumnya. Hanya butuh waktu tiga menit tercipta gol balasan yang dicetak oleh Esteban Vizcarra. Gol ini indah, sebuah tendangan voli yang keras, yang  tak mampu dijangkau oleh kiper I Made Wirawan.

Gol yang sangat berarti bagi Vizcarra karena tak cuma gol pertamanya di Liga 1 2018 tapi juga yang pertama sejak ia menjadi WNI lewat naturalisasi. Gol itu juga menandai comeback SFC yang menciptakan malapetaka bagi Persib di menit-menit berikutnya.

Bisa dibilang, sejak gol balasan itu, permainan Persib langsung anjlok. Kerjasama lini belakang kacau, di depan Ezechiel kurang mendapat suplai dari barisan tengah. Tak heran ia beberapa kali menampakkan kekesalannya karena seperti berjuang sendirian. Hanya Oh In-kyun yang terlihat bekerja keras dengan umpan dan tendangan bebasnya.

Belum sempat lama menarik nafas, Persib dikejutkan dengan gol kedua SFC di menit ke-50 melalui tendangan keras Marckho Merauje dari dalam kotak penalti.

Tertinggal 2-1, permainan Persib yang miskin kreasi makin berantakan. Febri Haryadi tampak mati kutu malam itu. Kelihaiannya menciptakan kemelut dengan kelincahannya dari sayap mampu diredam Sriwijaya. Tak ada umpannya yang matang seperti dikenal selama ini. Menyadari hal itu, asisten pelatih Persib, Fernando Soler lalu menarik Febri digantikan Ghozali.

Baca Juga   Egy Tak Hanya ke Eropa, Tapi Mengejar Cita-Cita Besar

Situasi runyam makin bertambah dengan gol Manuchekhr Dzhalilov di menit ke-65. Vizcarra yang menggiring bola dari sisi kiri pertahanan Persib mengirim umpan mendatar ke kotak penalti. Dhalilov asal Tajikistan itu langsung menyambarnya. Untuk ketiga kalinya I Made Wirawan harus merelakan gawangnya dijebol Laskar Wong Kito.

Unggul 3-1 SFC tak mengendurkan serangan, tapi kali ini tidak terlalu terburu-buru mengirim bola ke depan. Beda dengan Persib yang selalu memberi umpan ke Ezechiel dan Bouman. Pemain SFC dengan mudah mematahkan alur bola itu.

Andai gol keempat SFC di menit ke-82 oleh Zulfiandi tidak dianulir wasit karena dianggap pemain tengah itu handsball, maka makin mendalam penderitaan Persib.

Hasil laga itu melambungkan SFC ke posisi ketiga klasemen sementara, sedangkan Maung Bandung harus menerima kenyataan menempati posisi ke-15 dengan koleksi 1 poin dari dua pertandingan awal Liga 1 2018. ***

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.