Bawa Senjata Api ke Lapangan, Presiden PAOK Dihukum 3 Tahun

Freekick – Gaya koboi Ivan Savvidis, Presiden klub PAOK Salonika berujung sanksi tiga tahun tidak boleh memasuki stadion. Asosiasi Sepakbola Yunani tak hanya menghukum Savvidis, tapi juga sanksi untuk PAOK Salonika pengurangan angka tiga poin serta denda 63 ribu euro alias Rp 1,06 miliar.

Selain itu, seperti dilansir dari Daily Mail, klub itu juga dikurangi 3 poin, sehingga memupus harapan menjuarai Liga Yunani. Ditambah lagi  harus bermain tanpa penonton pada tiga pertandingan, serta memberikan kemenangan 3-0 kepada AEK Athena yang menjadi lawan PAOK saat itu.

Peristiwa menghebohkan itu terjadi pada 12 Maret 2018 lalu saat pertandingan derby antara PAOK menghadapi AEK Athena. PAOK butuh kemenangan untuk menggusur posisi AEK di puncak klasemen.

Harapan itu akan jadi kenyataan saat pemain PAOK, Fernando Varela sukses membobol gawang AEK di menit ke-89. Para pemain dan pendukung PAOK sudah bersorak merayakan gol itu. Namun, beberapa saat kemudian wasit Giorgios Kominis menganulir gol itu setelah mendapat protes dari pemain AEK. Alasan wasit, Varela sudah berada dalam posisi offside.

Beberapa suporter yang murka langsung berlari masuk ke lapangan, termasuk Savvidis yang didampingi beberapa ajudannya. Ia mencoba menghampiri wasit tapi berhasil ditahan ajudannya. Savvidis terlihat menyuruh para pemainnya keluar lapangan.

Pertandingan resmi ditunda setelah wasit keluar meninggalkan lapangan. Meski begitu, PAOK mengklaim sudah memenangkan pertandingan, dan mempostingnya di akun twitter mereka.

Pelatih AEK Athens, Maolo Jimenez, yang diwawancara pasca kejadian tersebut mengatakan bahwa Savvidis menunjukan pistol di sakunya ke arah wasit sambil mengatakan bahwa karier sang wasit sudah usai.

Savvidis sendiri sudah meminta maaf kepada suporter usai insiden itu. Ia mengaku sedang dilanda emosi.

Baca Juga   Gita Dewi Mulyani, Wasit yang Bikin Penonton Susah Fokus

“Saya ingin meminta maaf kepada suporter PAOK, fans Liga Yunani,  dan komunitas sepak bola internasional,” tulis Savvidis di situs resmi klub. ***

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.